HOME

Featured Post

Rindu Cahaya Islam kembali Membentangi Langit Eropa bahkan Dunia

oleh : Khaura El-Syada    Judul   : 99 Cahaya di Langit Eropa  Penulis : Hanum Salsabiela Rais dan Rangga  Almahera  Penerbi...

Memandang Sebuah Kesuksesan..

Sudah lama rasanya blog yang dibuat dengan antusias ini menanti sederetan kisah metamorfosa kehidupan..
Alasan klise rasanya, sibuk dan lain-lain. Padahal alasan utama adalah malas. :D

Kali ini ada hal yang menarik yang ingin saya angkat dalam coretan pertama setelah sekian lama saya tidak menulis..
Kala itu, pada sebuah acara training motivasi, sang trainer bertanya..

APA SUKSES ITU?
Yang Lalu dia memberikan pilihan pada kita :
a. Tujuan
b. Perjalanan

Ah, suatu hal yang susah rasanya memilih satu di antara dua hal yang menurut saya benar. Dalam hati, saya memilih TUJUAN sebagai jawaban. Terbayang bahwa sukses itu karena tujuan telah tercapai. Terbayang di benak saya bahwa sukses itu adalah ketika 100 mimpi di dinding kamar saya telah tercoret satu-persatu karena telah saya gapai. Terbayang bahwa sukses itu ketika mimpi telah berada penuh dalam genggaman, telah nyata di depan mata, bukan gelap terang yang terjadi ketika membuka dan menutup mata.


Sekitar 30 % peserta yang hadir dengan sumringah mengangkat tangan untuk menjawab bahwa sukses adalah perjalanan. Dan sisa yang hadir diam tanpa jawaban, sama seperti saya. Entah apakah yang mereka pikirkan sama atau tidak dengan saya, saya tidak peduli. Yang saya yakin, 70 % peserta yang tidak bersuara mengalami kegalauan seperti saya, dimana mereka mungkin condong lebih ke jawaban bahwa sukses adalah tujuan.

Saya termenung dan mulai berpikir saat Sang Trainer berkata bahwa sukses itu adalah sebuah perjalanan, bukan Tujuan. Saya bisa melihat kepuasan pada wajah 30 %  peserta yang dengan mantap menjawab dengan benar. Ah, serasa ujian saja.

Tapi ini adalah sebuah pandangan baru bagi saya. Sukses itu adalah sebuah perjalanan menggapai apa yang diinginkan, bukan tercapainya tujuan. Wow, saya yakin pikiran saya adalah pikiran orang kebanyakan. Ah, serakahnya saya menganggap bahwa sukses itu adalah tercapainya mimpi tanpa melihat perjalanan, sebuah usaha yang kokoh untuk meraihnya.

Dalam memandang definisi sukses itu butuh sebuah kedewasaan dalam berfikir. Tak cukup sekedar menerima hasil tapi juga melihat proses. Hasilnya akan seperti tidak ada yang tahu, untuk itu sukses bukanlah hasil tapi proses. Trainer menyederhanakan sebuah analogi bahwa sukses itu bukan sekedar melihat menterengnya IP-4 yang kau punya, tapi  perjalanan yang kau lewati dalam mendapatkannya itulah kesuksesan yang hakiki.

Aih aih, begitu sakleknya selama ini memandang arti kesuksesan, bahkan karena pandangan akan sukses yang salah sehingga banyak orang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tak lagi menoleh pada proses yang acak-adul dan awut-awutan. Sukses terlihat mentereng dengan emas permata yang menghiasi fananya kehidupan duniawi. Dan kebanyakan dari kita semua terkotak dalam suatu fragmen kesuksesan yang identik dengan hasil akhir bukan pada proses, perjalan panjang penuh onak duri.

SUKSES = PROSES = USAHA

Dengan iseng akhirnya saya mengambil kesimpulan begitu. saya kembali mengingat-ingat kembali masa-masa yang lalu. Bahwa indikator kesuksesan sebagai mahasiswa putih~abu-abu yang telah lulus adalah hasil UN yang baik, masuk ke PTN Favorit. Tertawa? Ya, saya tertawa malu. Benar, bahwa Mimpi atau Cita-Cita itu adalah sebuah tujuan yang dengans segenap hati ingin kita capai. Tapi tidak mengesampingkan proses, saya setuju dengan statement bahwa sukses itu adalah perjalanan bukan tujuan.

Saya berputusasa ketika beberapa mimpi tak sanggup digenggam. Saya kecewa saat telah mengusahakan semuanya dan hasil yang saya terima adalah kawat berkarat. Saya mengutuk ketidakmampuan saya dalam menggapai sebuah mimpi padahal keringat usaha telah bercucuran tapi hasil selalu tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan. Yang terbayang adalah saya orang yang GAGAL.
Saya ingat, seorang teman dekat pernah bertanya pada saya.... 

"Kapan saya harus berhenti berusaha meraih mimpi yang sangat saya inginkan? karena setiap saya berusaha, hasil yang saya dapatkan bukanlah sesuatu yang saya inginkan."

"Berhentilah berusaha saat kau menutup mata dan berpamitan pada kefanaan dunia".

SUKSES pada Anda yang telah berusaha dengan segenap jiwa meraih mimpi dan BERHASIL meraih CITA.

SUKSES pada Anda yang telah berusaha dengan segenap jiwa meraih mimpi, namun Hasil yang Anda peroleh adalah hal lain karena ada saat dimana ulat berbulu berubah menjadi kupu-kupu yang cantik jelita. Yakinlah hal itu adalah hal terbaik.

SUKSES bagi Anda yang mau berUSAHA terus mengggapai CITA.

Mari kita mengingat satu hal bahwa Usaha tanpa Do'a bagai Pohon Tak Berbuah.. ^_^


~ Khaura El-Syada ~


1 komentar: